Jumat, 26 Mei 2017

Cara Menghapus Postingan Blog Secara SEO Friendly

Cara menghapus postingan blog secara SEO friendly - Menghapus postingan blog mungkin kedengarannya sangat mudah. Biasanya kebanyakan orang menghapus postingan blog langsung dari dashboard blogger. Tetapi walaupun anda sudah menghapus postingan tersebut url artikel akan tetap terindex oleh mesin pencari google.

Jika anda seorang publisher google adsense hal tersebut bisa melanggar kebijakan google dimana "iklan tidak boleh tayang di halaman yang kosong". Ketika pengunjung mengklik link url artikel tersebut maka akan tampil halaman kosong dengan kode page not found 404. Hal tersebut membuat reputasi blog anda menjadi buruk dimata mesin pencari.

Agar postingan blog benar-benar hilang dari mesin pencari google anda harus menghapus url artikel tersebut secara manual menggunakan google webmaster tool. Google webmaster tool merupakan sebuah tool yang memudahkan pemilik website untuk memantau lalu lintas pengunjung, mengindex dan menghapus url, mengetahui data yang erorr pada website, dan untuk menganalisa kata kunci.

MENGHAPUS POSTINGAN BLOG SECARA SEO FRIENDLY

Saya mempunyai cara tersendiri untuk menghapus postingan blog secara SEO friendly dan sesuai pedoman webmaster google agar reputasi blog kita tetap terlihat bagus dimata mesin pencari. Ada 2 cara untuk menghapus postingan blog dengan benar.

1. Menghapus url artikel menggunakan webmaster tool.
2. Menghapus artikel pada dashboard blogger.


CARA MENGHAPUS URL ARTIKEL MENGGUNAKAN WEBMASTER TOOL

1. Login ke akun webmaster tool. Pilih website yang akan anda hapus url artikelnya.

2. Pada bilah menu sebelah kiri klik "Google Index" lalu pilih "Remove URLs". Setelah itu klik "Temporary hide" dan copy link url artikel yang akan dihapus. "Klik continue".




3. Setelah itu anda akan berada di halaman selanjutnya. Isi request type dan pilih "Temporary hide page from search and remove from cache". Klik "Submit Request".

4. Apabila berhasil maka link url artikel anda akan berada di status pending dan belum sepenuhnya terhapus dari mesin pencari google. Biasanya dalam waktu 1x24 jam url artikel tersebut akan terhapus otomatis oleh webmaster tool dan hilang dari mesin pencari google.


CARA MENGHAPUS POSTINGAN BLOG DARI DASHBOARD BLOGGER

Nah, setelah menghapus postingan blog menggunakan webmaster tool selesai. Selanjutnya anda harus menghapus postingan blog dari dashboard blogger. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 

1. Masuk ke akun blogger anda.

2. Pilih blog.

3. Perhatikan pada bilah menu sisi kiri pilih "menu pos" dan cari judul artikel yang akan dihapus seperti gambar di bawah ini.




Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara menghapus postingan blog secara SEO friendly. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pada kotak komentar. Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara mudah mengetahui jumlah kata postingan blog

0 komentar:

Posting Komentar