Selasa, 09 Desember 2014

Niche Blog Yang Paling Banyak Dicari

Pada awal-awal blogging saya belum terlalu mengenal "apa itu niche" dulu saya mengupdate blog saya dengan konten yang gado-gado atau sembarang topik. Setelah browsing sana-sini dan belajar mengenai seluk-beluk dunia blogging baru lah saya mengerti pentingnya untuk menentukan niche blog.

Mendengar nama niche pasti semua blogger sudah tau apa itu niche blog. Niche blog bisa diartikan sebagai blog yang membahas satu topik secara spesifik atau blog yang fokus terhadap satu bahasan. Misalnya blog anda hanya membahas seputar android maka niche blog anda android, karena anda hanya fokus membahas hal-hal mengenai android saja.
 

Setelah mengerti niche blog akhirnya saya memutuskan untuk menerapkannya pada blog saya. Menurut saya memilih niche blog itu harus sesuai dengan passion dan bidang keahlian yang kita kuasai. Saya memilih niche blog tentang tutorial blogger dan internet sebagai topik bahasan blog saya.


Sebenarnya apa sih manfaat dari niche blog?

Membandingkan blog satu bahasan dengan blog gado-gado memang tidak ada habisnya. karena keduanya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing. Berikut kelebihan niche blog dibandingkan dengan blog gado-gado antara lain:

1. Pengunjung bisa lebih mudah mengenali blog kita
2. Kita bisa fokus pada satu bahasan sehingga mudah menemukan ide-ide untuk membuat konten baru.
3. Mudah dioptimasi

Niche blog juga berpengaruh terhadap penghasilan sebuah blog. karena advertiser akan lebih mudah untuk mempromosikan iklan mereka ke blog yang sesuai dengan apa yang mereka promosikan dengan kata lain iklan yang akan muncul nantinya akan relavan sesuai dengan isi blog yang kita bahas.

Saya sudah merangkum beberapa niche blog yang bisa anda jadikan referensi untuk menentukan niche blog anda.

1. Blog tentang download software, film, dan game gratis

Niche download merupakan niche blog yang paling banyak dikunjungi. Karena orang indonesia suka yang gratisan menjadikan blog download gratis memiliki trafik yang tinggi. Niche blog ini sangat mudah dalam mengurusnya karena hanya membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk mengupload sebuah file, game,software, dan musik

karena blog download melanggar kebijakan google adsense maka anda tidak dapat mendaftarkan blog anda untuk menjadi publisher google adsense. Namun jangan khawatir karna masih ada alternatif selain adsense contohnya: idblognetwork, chitika, kumpulblogger, adsense camp, dll.

2. Blog tentang tutorial

Niche kedua yang paling banyak dikunjungi adalah blog tentang tutorial. Blog tentang tutorial biasanya memiliki trafik yang lumayan besar karena tutorial atau how to paling banyak di cari di mesin pencarian. Blog tentang tutorial biasanya membahas tentang langkah-langkah atau cara-cara seputar topik tertentu.

3. Blog tentang otomotif

Niche ketiga yang paling banyak dikunjungi adalah blog tentang otomotif. Blog otomotif biasanya berisi tentang hal-hal seputar otomotif, seperti modifikasi motor/mobil, cara memperbaiki motor/mobil yang rusak.

4. Blog tentang berita/informasi

Niche keempat yang paling banyak dikunjungi adalah blog tentang berita/informasi. Setiap orang pasti membutuhkan berita/informasi baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Blog tentang berita/informasi pasti akan sering dikunjungi karna blog ini berisi berita/informasi yang berguna bagi para pembacanya.

5. Blog tentang kesehatan

Niche kelima yang paling banyak dikunjungi adalah blog tentang kesehatan. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit, nah ketika sakit pasti orang-orang tersebut akan mencari informasi seputar penyakitnya atau bagaimana cara agar sembuh dari penyakitnya. 

Blog tentang kesehatan biasanya membahas seputar cara hidup sehat dan cara menyembuhkan penyakit tertentu.


Sekian artikel mengenai Niche Blog Yang Paling Banyak Dicari. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda ke kotak komentar di bawah ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

2 komentar: