Minggu, 28 Mei 2017

3 Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google

Cara agar postingan blog cepat terindex di mesin pencari google - Sebenarnya ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar artikel yang kita posting cepat terindex oleh mesin pencari google. Index merupakan dasar dari setiap mesin pencari. Google index membantu anda dalam menemukan situs yang anda cari dengan memasukan sebuah keyword pada mesin pencari.

Normalnya setelah anda memposting sebuah konten maka secara otomatis google akan mengindexnya menggunakan mesin perayap yang biasa disebut "GoogleBot". GoogleBot akan menjelajahi blog anda dan membuka tautan satu ke tautan lainnya setelah itu GoogleBot akan membawa data tentang blog anda kembali ke server google.

Agar postingan blog dapat muncul di halaman pertama mesin pencari tentu bukan hal yang mudah. Banyak faktor yang menentukan posisi blog kita di mata mesin pencari. Salah satunya adalah kualitas konten itu sendiri semakin banyak kata kunci yang terkandung pada konten anda maka peluang untuk muncul di halaman pertama akan semakin besar. Apabila konten blog anda berada di halaman pertama maka semakin banyak pula visitor yang berkunjung ke blog anda. Karena pada umumnya ketika seseorang mencari sesuatu di mesin pencari mereka akan mengklik situs yang berada di halaman pertama mesin pencari.


SUBMIT SITEMAP BLOG KE WEBMASTER TOOL

Sitemap merupakan daftar isi blog anda. Tetapi dalam kasus ini sitemap yang dimaksud adalah sitemap yang dapat dimengerti oleh mesin pencari. Contohnya http://www.ariqblog.com/sitemap.xml. XML (Extensible Markup Language) merupakan bahasa markup yang mirip dengan HTML tetapi tanpa format yang tetap, yang digunakan untuk berbagi informasi terstruktur.

Agar postingan anda dapat segera diindex oleh mesin pencari hal pertama yang harus anda lakukan adalah mensubmit sitemap blog ke webmaster tool. Google webmaster tool merupakan sebuah tool yang memudahkan pemilik website untuk memantau lalu lintas pengunjung, mengindex dan menghapus url, mengetahui data yang erorr pada website, dan untuk menganalisa kata kunci.

Berikut cara submit sitemap blog ke webmaster tool.

1. Login ke akun webmaster tool anda, lalu pilih blog yang ingin diindex sitemapnya.

2. Perhatikan menu pada sisi kiri. Klik "Crawl" lalu pilih "Sitemaps" setelah itu klik "Add/Test Sitemap" lalu tambahkan sitemap.xml pada bagian belakang alamat blog anda. Setelah itu klik submit.



MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA ATAU SOSIAL BOOKMARKING 

Salah satu cara agar mempercepat proses pengindexan adalah dengan cara membagikan postingan anda ke situs sosial media. Saat ini banyak sekali situs sosial media yang dapat kita gunakan untuk membagikan postingan diantaranya: Google+, Facebook, Twiter dll. 

Saya sendiri menggunakan Google+ untuk membagikan postingan baru. Menurut saya membagikan postingan menggunakan Google+ sangat mudah, karena pada dasarnya email yang kita gunakan untuk blogger akan terintegrasi dengan akun Google+ dan secara otomatis akan membagikan postingan yang baru dipublikasikan.

MEMBUAT INTERNAL LINK YANG MENGARAH KE POSTINGAN YANG SUDAH TERINDEX

Internal linking merupakan sebuah link dari suatu halaman blog yang menunju halaman lain pada blog yang sama. Membuat internal link ke halaman yang lain dengan kata kunci yang relavan merupakan cara yang efektif karena dapat mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada blog anda.. Perlu diperhatikan walaupun membuat internal link itu mudah tetapi anda harus tau batasanya, jangan terlalu banyak menautkan internal link pada suatu postingan.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Agar Postingan Blog Cepat Terindex Google. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara menghapus postingan blog secara SEO friendly  

0 komentar:

Posting Komentar