Minggu, 02 Juli 2017

5 Langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Daftar Google Adsense

5 Langkah yang harus dilakukan sebelum daftar google adsense - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum mendaftar google adsense. Google adsense merupakan program periklanan yang banyak diminati oleh blogger indonesia karena sudah terpercaya dan terbukti dikalangan blogger.


Untuk dapat diterima sebagai publisher adsense bukanlah hal yang mudah. Banyak para blogger yang sudah berjuang dan berujung dengan email penolakan dari pihak adsense. Hal tersebut dikarenakan semakin ketatnya peraturan dan kebijakan adsense.

Oleh karena itu bagi anda yang berminat sebagai publisher google adsense ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mendaftarkan blog anda ke google adsense.

Pastikan konten blog anda tidak melanggar kebijakan adsense

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah apakah konten blog anda sudah mengikuti kebijakan adsense?. Apabila anda ingin menjadi publisher google adsense pastikan konten blog anda sesuai dengan kebijakan google adsense. Berikut isi konten yang tidak disukai google adsense:

  • Konten yang bersifat dewasa seperti pornogr@fi, vulgar, dan sejenisnya.
  • Konten yang berbau keker@san.
  • Konten seputar hacking dan cracking.
  • Konten dengan bahasa yang berlebihan/alay dan tidak sopan.
  • Konten seputar software, film, musik ilegal.
  • Dan konten lainnya yang berbau ilegal dan melanggar hak hukum orang lain.
Jangan menggunakan gambar/tulisan berhak cipta

Pastikan isi konten blog anda adalah tulisan sendiri dan bukan copas dari blog lain. apabila terpaksa harus mencontek konten blog lain sebaiknya direwrite terlebih dahulu.

Jangan menggunakan gambar yang memiliki hak cipta, apabila anda mengambil gambar dari pencarian google pastikan gambar tersebut memiliki lisensi Creative Commons. Hal ini sering dianggap sepele namun google sangat memperhatikan materi yang dilindungi hak cipta. 

Desain blog

Perhatikan desain blog anda, pastikan desain blog yang anda gunakan rapih dan sederhana dengan navigasi yang mudah dijangkau oleh para pengunjung blog.

  • Buatlah halaman "Privacy Policy". "Privacy Policy" merupakan kebijakan yang dibuat oleh pemilik web/blog itu sendiri, isi dari Privacy Policy adalah tentang penggunaan Log Files, Double Click, Our Adversting Partners, Dart Cookie, dan lain-lain. 
  • Buatlah halaman "tentang blog" anda. Menurut saya halaman "tentang blog" atau "About" merupakan hal yang harus dilakukan sebelum anda mendaftarkan blog ke google adsense. Halaman "about" akan mempermudah tim penilai untuk mengenali sang pemilik situs yang akan menjadi partnernya nanti.
  • Buatlah halaman "Daftar Isi".Halaman daftar isi berisi kumpulan artikel yang anda posting pada blog. halaman ini berfungsi agar pengunjung bisa lebih mudah mengeksplor blog anda.
  • Buatlah halaman "Contact Us". Halaman ini berguna agar para pengunjung bisa menghubungi/berinteraksi dengan anda secara private. 
Dengan membuat keempat halaman tersebut tim penilai akan beranggapan bahwa anda serius dalam memperhatikan para pengunjung dan layak menjadi partnernya.

submit sitemap blog ke webmaster tool.

Pastikan seluruh konten/blog anda sudah terindex di mesin pencari google. Agar postingan anda dapat segera diindex oleh mesin pencari hal pertama yang harus anda lakukan adalah mensubmit sitemap blog ke webmaster tool. Google webmaster tool merupakan sebuah tool yang memudahkan pemilik website untuk memantau lalu lintas pengunjung, mengindex dan menghapus url, mengetahui data yang erorr pada website, dan juga untuk menganalisa kata kunci. Baca: Cara mensubmit sitemap blog

Pasang Widget

Widget akan membuat blog anda terlihat lebih menarik, selain itu widget juga berfungsi agar para pengunjung bisa lebih mudah mengeksplore dan mendapatkan informasi dari blog anda. Berikut widget yang berguna untuk blog anda:

  1. Widget recent post. Widget ini berisi kumpulan konten yang baru anda posting di blog. Dengan adanya widget ini para pengunjung bisa mengetahui konten baru pada blog anda.
  2. Widget popular post. Widget yang berfungsi untuk menayangkan post yang paling banyak di kunjungi.
  3. Widget Kategori. Berfungsi untuk menampilkan post berdasarkan kategori yang anda buat.
  4. Arsip blog. Arsip blog berfungsi agar para pengunjung bisa melihat seluruh postingan blog anda berdasarkan waktu.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai "5 Langkah yang harus dilakukan sebelum daftar google adsense". Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda pada kotak komentar. Terima kasih semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar