Selasa, 13 Juni 2017

Penyebab Komputer Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi komputer tiba-tiba mati - Jika anda sedang menggunakan komputer dan tiba-tiba mati sendiri hal tersebut tentu sangat menjengkelkan. Apalagi ketika anda sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan penting hal tersebut sangat menggangu dan bisa menyebabkan file yang anda kerjakan hilang karena komputer yang tiba-tiba restart/mati sendiri dan file belum tersimpan.


Oke pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab komputer mati sendiri. Jika anda sedang mengalami masalah tersebut tetap tenang dan jangan panik karena saya mempunyai cara tersendiri untuk mengatasinya. Berikut penyebab komputer mati sendiri dan cara mengatasinya:

TERLALU PANAS

Overheat/terlalu panasnya suhu bisa menyebabkan komputer secara otomatis mati sendiri, hal tersebut merupakan pencegahan agar komponen komputer tidak rusak akibat suhu yang berlebih. Berikut cara mengatasi komputer yang terlalu panas:

Bersihkan CPU dari debu. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan komponen komputer dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran bisa menghambat kinerja fan processor dan menyebabkan suhu processor naik dan overheat. Gunakan kuas untuk membersihkan debu.

Cek fan/heatsink procesor. Fan dan heatsink processor berfungsi untung mendinginkan processor. Pastikan fan/kipas processor berjalan normal, apabila putaran fan processor sudah lemah maka sebaiknya diganti dan beli yang baru. 

Ganti thermal pasta. Thermal pasta merupakan cairan yang berfungsi sebagai penghantar panas dari processor ke heatsink agar mudah dilepaskan ke udara. Ganti thermal pasta apabila sudah kering. Umumnya Thermal pasta bisa bertahan bertahun-tahun tetapi apabila penggunaan processor tidak pada umumnya misalanya digunakan untuk game berat/overlock yang mengakibatkan suhu processor naik dan dapat menyebabkan thermal pasta cepat kering. 

Pasang fan tambahan untuk cassing. Tambahkan fan pada cassing agar udara panas didalam CPU dapat dikeluarkan dengan cepat.

KERUSAKAN HARDWARE 

Hardware komputer terdiri dari processor, RAM, harddisk, motherboard, power supply, dan VGA. Periksa bagian hardware tersebut apabila ada yang rusak segera ganti dengan yang baru, tetapi apabila masih belum yakin dengan kerusakan hardware tersebut anda bisa meminjam terlebih dahulu hardware punya tetangga/teman yang masih berfungsi normal. Ganti satu-persatu hardware tersebut sampai anda menemukan masalahnya.

Menurut pengalaman saya, power supply juga bisa menjadi penyebab komputer sering mati sendiri hal ini disebabkan karena kurangnya asupan daya listrik ke perangkat yang menyebabkan hardware tidak berfungsi secara normal. Cara mengatasinya, hitung total daya listrik komputer anda dan pastikan power supply yang anda gunakan dapat mencukupi  daya yang dibutuhkan oleh komputer.


OS ERROR

Operating System (OS) merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengkontrol dan mengatur perangkat keras/hardware dan dasar sistem lainnya. Apabila terdapat file OS yang error maka akan menyebabkan kegagalan sistem atau biasa disebut dengan bluescreen of death. Jika OS crash maka otomatis komputer akan terestart dan monitor akan menampilkan layar biru, perhatikan dan catat kode-kode yang ditampilkan untuk penanganan selanjutnya.

VIRUS

Virus juga bisa menyebabkan komputer mati secara tiba-tiba. Jika anda belum mempunyai anti virus silahkan download terlebih dahulu, saat ini banyak sekali anti virus yang bisa didapatkan secara gratis dengan fitur yang bisa diandalkan.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai "Cara mengatasi komputer tiba-tiba mati". Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda pada kotak komentar. Terima kasih semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar