Kamis, 25 Mei 2017

Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Cara menggabungkan file PDF menjadi satu - Pada dasarnya menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dapat dilakukan oleh adobe reader. Namun sayangnya bagi anda yang tidak mengupgrade adobe reader menjadi PRO (berbayar) maka tidak dapat menggunakan fitur combine file PDF.

Saya punya cara tersendiri untuk menggabungkan file PDF menjadi satu secara gratis. Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk menggabungkan file PDF menjadi satu.


1. Menggabungkan file PDF menjadi satu dengan cara online (tidak perlu menggunakan software)

2. Menggabungkan file PDF menjadi satu dengan cara offline (menggunakan software)

Saran saya, apabila terdapat berkas penting pada file PDF tersebut lebih baik menggunakan cara offline. Walaupun harus install software terlebih dahulu tetapi keamanan dan privasi dari file PDF anda akan lebih terjamin.



Menggabungkan file pdf secara online 


Cara ini sangat simple karena sebelumnya anda tidak perlu menginstall software. Hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengupload file PDF anda ke situs smallpdf.


1. Buka browser ketik https://smallpdf.com/merge-pdf pada kotak pencarian. setelah itu anda akan berada di halaman awal menggabungkan PDF. Klik "pilih file" lalu upload file PDF pertama.


2. Untuk menambahkan file PDF lainnya klik "Tambah PDF lagi". Lakukan cara tersebut sampai semua file PDF yang ingin digabungkan selesai terupload. Selanjutnya klik "Gabungkan PDF".





3. Setelah proses upload selesai anda bisa menyimpan file PDF yang sudah digabungkan tadi dengan cara klik "Download File Now".

Oke untuk menggabungkan file PDF secara online sudah selesai. Selanjutnya saya akan menggabungkan file PDF secara offline.



Cara menggabungkan file PDF secara offline


Untuk menggabungkan file PDF secara offline anda membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama PDFMate. PDFMate adalah aplikasi konversi PDF yang komprehensif. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di http://www.pdfmate.com/. Aplikasi ini memiliki fitur PDF splitter dan PDF merger. 


Anda tidak memerlukan koneksi internet untuk menggabungkan file PDF jika menggunakan aplikasi PDFMate.


berikut langkah-langkah menggabungkan file PDF menggunakan PDFMate.



1. Jika anda belum memiliki aplikasi PDFMate silahkan download dan install terlebih dahulu

2. Jalankan aplikasi PDFMate.
3. Klik "Add Files" dan pilih file PDF yang ingin digabungkan, anda bisa memasukan gambar pada file PDF yang akan digabungkan. untuk mengatur urutan posisi halaman klik "Up" atau "Down"
4. Pilih 1 IN 1
5. Isi kotak "Output File Name" dengan nama file yang diinginkan. Klik "Output Folder" dan pilih tempat dimana file PDF tersebut akan disimpan.
6. Setelah itu klik "Build".

Sekian panduan yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda ke kotak komentar di bawah ini. Terimakasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar