Sabtu, 20 Mei 2017

Cara mengatasi gangguan internet dan telepon IndiHome

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang arti nyala lampu merah LOS pada modem, cara mengatasi telepon rumah tidak bisa digunakan, dan cara mengatasi PC tidak bisa konek ke internet. Hanya dengan melihat lampu indikator pada modem tersebut kita bisa mengetahui masalah yang sedang terjadi pada jaringan yang sedang kita gunakan.

Pembahasan ini di khususkan bagi anda yang berlangganan layanan internet dan menggunakan modem FiberHome. Apabila penyedia jasa layanan internet anda menggunakan modem lain mungkin akan ada persamaan dalam mengartikan lampu indikator pada modem tersebut.


Arti lampu indikator LOS menyala merah



Apabila lampu indikator LOS menyala merah itu disebabkan karena modem tidak menerima sinyal optik. Hal tersebut terjadi karena jaringan kabel optik yang terhubung ke rumah anda terputus, dari banyaknya kasus yang saya temui penyebab putusnya kabel optik di rumah pelanggan terjadi karena :

1. kabel optik rusak akibat bergesekan dengan benang layangan
2. kabel optik digigit tikus
3. kabel optik bending/tertekuk


Jika modem yang anda gunakan menyala lampu merah LOS. Segera hubungi customer service tempat anda berlangganan, biasanya masalah tersebut terjadi karena masalah fisik pada jaringan tersebut.


Telepon rumah tidak bisa digunakan



Jika telepon rumah anda tidak bisa digunakan untuk menghubungi dan menerima panggilan (tidak bisa incoming dan outgoing) masalah tersebut terjadi karena anda salah memasang RJ-11 pada port phone di modem.

Perhatikan lampu indikator Phone 1 dan Phone 2 apabila lampu indikator menyala pada phone 2 maka anda harus memasang RJ-11 pada port phone 2. Jika masih gangguan bisa saja disebabkan karena pesawat telepon yang anda gunakan rusak, coba gunakan pesawat telepon yang lain.


PC tidak bisa konek ke internet



Jika PC anda tidak dapat terhubung ke internet hal ini disebabkan karena anda salah memasang port LAN pada modem. Defaultnya agar bisa terhubung ke internet anda harus memasang RJ-45 di LAN3. Apabila anda sudah memasang RJ-45 di LAN3 dan tetap tidak dapat terhubung ke internet, maka cek lampu indikator pada LAN3 apakah menyala hijau atau lampu tidak menyala sama sekali.

Apabila lampu indikator pada LAN3 menyala hijau dan tetap tidak bisa terhubung ke internet maka anda harus mensetting IP secara manual. Pertama klik kanan pada ikon jaringan, pilih open network and sharing center > local area connection > properties > internet protocol version 4 (TCP/IPv4) > pilih use the following IP address dan use the following DNS server address.

Masukan 192.168.1.1 pada kolom "IP address"
Masukan 255.255.255.0 pada kolom "subnet mask"
Masukan 192.168.1.1 pada kolom "default gateway"
Masukan 8.8.8.8 pada kolom "preferred DNS server"
Masukan 8.8.4.4 pada kolom "Alternate DNS server"

Jika lampu indikator LAN3 tidak menyala sama sekali, bisa jadi kabel LAN yang anda gunakan sudah rusak. Untuk memastikannya gunakan kabel LAN yang lain pastikan sudah terpasang dengan benar.

Mungkin cukup sekian panduan Cara mengatasi gangguan internet dan telepon IndiHome. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda pada kotak komentar di bawah ini, Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca juga Cara mengetahui pemakaian internet IndiHome

0 komentar:

Posting Komentar