Senin, 22 Mei 2017

Cara mengetahui pemakaian internet IndiHome

Cara mengecek pemakaian data internet/usage dan mengetahui batas FUP IndiHome - Bagi anda yang sudah berlangganan layanan internet IndiHome tentu akan mengalami masa dimana kecepatan internet tiba-tiba menjadi lambat tanpa sebab. Hal tersebut mungkin bisa disebabkan karena pemakaian internet anda terlalu berlebihan seperti mengunduh file berukuran besar secara terus-menerus yang mengakibatkan anda terkena batasan FUP.
 
Telkom sudah memberlakukan FUP pada layanan internet IndiHome. Sebelumnya bagi anda yang masih bingung dengan FUP. Saya akan menjelaskan secara singkat tentang FUP.

FUP (Fair Usage Policy) merupakan sebuah kebijakan pembatasan kecepatan akses internet dari pengguna yang sudah melebihi jumlah data yang sudah ditentukan oleh pihak operator telekomunikasi.

Berikut tabel penurunan kecepatan akses internet apabila anda sudah mencapai batasan FUP.



Paket yang anda gunakan


Fair Speed ( % dari Initial Speed)


Batas FUP


10 Mbps


75%
40%


>300 GB
>400 GB


20 Mbps


75%
40%


>500 GB
>800 GB


30 Mbps


75%
40%


>700 GB
>1200 GB


40 Mbps


75%
40%


>900 GB
>1600 GB


50 Mbps


75%
40%


>1200 GB
>2000 GB


100 Mbps


50%


>2000 GB

Nah agar anda terhindar dari batasan FUP yang bisa menyebabkan kecepatan akses internet berkurang. Maka anda harus melakukan pencegahan dengan cara melakukan pengecekan usage internet IndiHome secara berkala.

Berikut panduan cara mengecek usage internet IndiHome

1. Buka browser dan ketik https://indihome.co.id/ di kotak mesin pencari. Jika belum mempunyai akun my IndiHome silahkan daftar dan tambah layanan terlebih dahulu.

2. Masukan E-mail dan password akun anda lalu login. Anda akan berada di halaman awal website my IndiHome, pilih menu promo dan info > klik usage info.


3. Setelah itu pilih nomor induk layanan yang sudah anda tambahkan, lalu klik submit.


4. Setelah memilih nomor induk layanan anda akan berada di halaman info bonus, pemakaian telepon, dan pemakain internet. Perhatikan gambar di bawah di situ terdapat info pemakain internet saya baru mencapai 163.35 GB. Batas FUP untuk paket yang saya gunakan adalah 300 GB berarti saya masih aman dari batas FUP. Jika sudah mendekati batas FUP saya sarankan untuk mengurangi aktivitas download dari internet.

Cukup sekian panduan Cara mengecek penggunaan data internet/usage dan mengetahui batas FUP IndiHome. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim pertanyaan anda pada kotak komentar di bawah ini, Terimakasih semoga bermanfaat.

Baca juga Cara Setting WiFi IndiHome Modem FiberHome

0 komentar:

Posting Komentar